5 Trik Ampuh Agar Tidur Tetap Nyenyak Saat Hidung Sedang Tersumbat

5 Trik Ampuh Agar Tidur Tetap Nyenyak Saat Hidung Sedang Tersumbat

Sebagian besar orang mungkin lebih memilih tidur saat sedang sakit kepala, sakit tenggorokan, dan mengalami hidung tersumbat. Sayangnya, hidung yang mampet terkadang membuat Anda jadi sulit bernapas dengan lega sehingga malah susah tidur dengan nyenyak. Lantas, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur?

Berbagai macam cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur

Meski tampak nyaman, tapi posisi berbaring saat tidur justru dapat membuat ingus atau lendir pada hidung jadi tersumbat. Akibatnya, keinginan untuk tidur dengan nyenyak pun seolah kandas karena hidung yang mampet.

Supaya bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman, coba trik untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur berikut ini:

1. Minum banyak cairan

Lendir hidung atau ingus yang terlalu tebal dan lengket bisa tertahan di hidung sehingga menghambat jalan napas. Langkah awal termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan perbanyak minum cairan, entah itu setelah makan, saat minum obat, atau kapan pun ketika Anda sedang merasa butuh minum.

Jangan takut kembung dan sering buang kecil. Pasalnya, dalam kondisi hidung tersumbat seperti ini, minum banyak cairan bisa membantu mencairkan lendir pada hidung yang nantinya dapat melancarkan pernapasan Anda.

2. Posisikan kepala lebih tinggi

William Schaffner, MD, selaku dosen di Vanderbilt University School of Medicine, Nashville, Amerika Serikat, menuturkan bahwa menempatkan kepala lebih tinggi daripada tubuh akan membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat oleh lendir.

Maka itu, pastikan Anda menggunakan 1 bantal tebal atau beberapa tumpuk bantal tipis guna membuat kepala dan saluran pernapasan lebih nyaman selama tidur. Hindari tidur dengan posisi kepala dan tubuh berbaring lurus, karena justru dapat membuat saluran hidung tersumbat.

3. Pakai alat pelembap udara

Cara ampuh lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur yakni dengan memasang alat pelembap udara (humidifier) di ruangan tidur. Selain dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan, pemakaian humidifier ini juga akan membuat tidur lebih nyaman berkat efek lembap yang dihasilkannya.

Lebih dari itu, humidifier yang diletakkan di dalam ruangan bisa membantu mengembalikan kelembapan yang hilang pada kulit dan bibir yang kering. Cukup multifungsi, bukan?

4. Minum obat antihistamin

Pastikan Anda tidak lupa untuk minum obat antihistamin sebelum tidur. Obat ini akan bekerja untuk mengatasi peradangan akibat alergi sehingga ingus atau lendir yang menyumbat dan menumpuk di hidung dapat berkurang.

Alhasil, Anda bisa bernapas lebih lega karena tidak lagi terhalang oleh lendir. Di samping itu, antihistamin biasanya mengandung zat pemicu kantuk sehingga membuat Anda mudah terlelap dan tertidur nyenyak.

5. Buat kondisi kamar senyaman mungkin

Ciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman, guna memudahkan Anda agar bisa tidur dengan nyenyak meski hidung sedang tersumbat karena pilek. Misalnya dengan mendinginkan suhu ruangan dan mematikan lampu supaya Anda lebih mudah terlelap, kemudian tarik selimut guna menghangatkan tubuh Anda.

Jika tidak terlalu menyukai ruangan gelap, Anda bisa menggunakan lampu tidur kecil dengan cahaya yang redup. Tak hanya itu, hindari menjadikan kamar tidur pribadi sebagai tempat bermain dan tidur hewan peliharaan.

Pasalnya, bulu dan debu yang dibawa oleh hewan peliharaan dapat memperparah kondisi flu, pilek, dan hidung tersumbat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *