Penanganan Luka Tusuk

Berikut ini adalah penanganan pertama ketika anda terkena luka tusuk. Hampir semua orang pasti pernah terkena luka tusuk entah itu tertusuk paku, tertusuk pecahan kaca dan tertusuk yang lainnya.Ā Hal paling mendasar adalah jangan panik atas situasi yang Anda alami.

1. Perhatikan seberapa dalam paku menancap dibagian tubuh Anda.

2. Anda diperkenankan mencabut paku yang masih tertancap jika memungkinkan. Namun jika ragu panggil bantuan atau minta bantuan tenaga Medis untuk mencabutnya baik di IGD ataupun datang ketempat kejadian.

3. Jika paku terlepas, kontrol perdarahan dengan cara menekan minimal 5 menit atau lebih sesuai dengan perdarahan yang terjadi. Atau bisa dengan membalutnya erat.

4. Cuci luka dengan air mengalir ataupun dengan sabun.

5. Boleh berikan betadin ataupun revanol

6. Bawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan tindakan baik itu pembersihan luka ataupun pemberian obat termasuk pemberian Anti Tetanus.

Hal yang tidak diperkenankan adalah:

1. Mengorek-ngorek luka untuk membuang serpihan yang tertinggal karena hal ini justru akan memasukan lebih dalam kotoran yang ada.

2. Membakarnya dengan belerang karena hanya akan menambah luka bakar.

3. Memberikan dedaunan hal ini akan menambah bakteri lain yang akan masuk ke luka.

4. Memberikan alkohol akan merusak jaringan dan menambah sakit.

5. Jangan memukul luka dengan batu ataupun palu.

Hal ini juga berlaku pada luka tusuk lainnya. Semoga informasi bermanfaat ya Guys. šŸ˜‰Ā Jika anda ingin melakukan diet yang sehat alangkah baiknya untuk membaca postinganĀ Tips Diet Alami dan Sehat

sumber : @catatan_dokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *